Sunday, July 27, 2008

Safari Track Hiking Dialam Bebas


Segala macam binatang yang berkeliaran di alam bebas ini, bisa kita lihat dari dalam mobil di Taman Safari Indonesia di kawasan Cisarua, Jawa Barat. Tapi, sebetulnya ngak cuma itu yang bisa dilakukan pengunjung. Ada yang namanya safari track. Disini kita bisa hiking, alias jalan kaki melintasi sebagian kawasan Taman Safari. Biayanya Rp 20 ribu per orang.

Sebelum melakukan hiking, peserta harus melakukan pemanasan ini buat mengurangi resiko cidera. Karena rutenya lumayan jauh, 4 kilometer. Beda banget loh, emang suasananya biasa jalan di kota, kini dialam bebas gini. Hawanya dong, seger banget.

Tidak cuma sekedar liat pemandangan nih. Disini kita juga bisa belajar beragam jenis tanaman di kawasan Taman Safari di Cisarua yang terletak di kawasan kaki Gunung Pangrango. Ada tumbuhan yang namanya bulu sebu. Kita harus hati-hati dengan tanaman ini, karena kalau kita pegang, kulit kita akan menjadi gatal seperti terkena ulat.

Wah..untung dikasih tahu. Kalau ngak sengaja kepegang kan males juga mesti garuk-garuk melulu. Tapi tentu saja tidak semua tanaman disini menyimpan jebakan. Seperti tanaman anggur hutan. Rasanya memang ngak begitu manis dan hanya ada di hutan.

Langsung deh kita semua pada nyobain. Lumayan buat ganjel-ganjel perut. Rute hickingnya sendiri ngak terlalu susah kok. Ketinggian track misalnya tidak terlalu curam. Jadi kita bisa nikmatin pemandangan sepanjang jalan.

Kalau beruntung, kita bisa ketemu hewan seperti rusa, sapi ataupun kancil yang sudah jinak peliharaan Taman Safari. Setelah berjalan jauh, kita ketemu air jernih. Seger banget.

Gunung Pangrango memang punya sumber mata air yang mengalir, dalam bentuk sungai menuju dataran rendah di sekitarnya. Sejumlah perusahaan air minum kemasan kabarnya memanfaatkan air Pangrango sebagai sumber mata air. Udara yang seger dan banyaknya informasi baru bikin jalan-jalan ini tidak berasa. Tahu-tahu sudah lebih dari tiga jam kita jalan kaki.

Di ujung perjalanan, ternyata petualangan belum selesai. Masih ada tantangan lain. Ada flying fox dan meniti jembatan tali, seru ! Apalagi tempat meluncurnya tinggi juga, 15 meter. Meskipun permainan ini tujuannya untuk senang-senang, tapi unsur keselamatan harus tetap nomor satu. Hiking diakhiri flying fox, wah benar-benar liburan yang beda.

No comments: